Meski Harga Sembako Merangkak Naik, Disperindag Nilai Belum Saatnya Operasi Pasar

Meski sejak menjelang ramadhan lalu harga kebutuhan pokok dan bumbu dapur mengalami lonjakan harga, dinas perindustrian dan perdagangan Jember menyatakan lonjakan harga masih relative stabil. Karena kenaikan harga tidak sampai 5 persen, disperindag menilai masih belum saatnya dilakukan operasi pasar.

Kepala disperindag Jember Haryanto mengatakan, untuk stok kebutuhan pokok di kabupaten Jember dipastikan aman hingga 4 bulan ke depan. Sebab jauh-jauh hari sebelumnya, bulog dan distributor sembako telah mengantisipasi agar naiknya permintaan konsumen di bulan ramadhan dan menjelang lebaran nanti tidak mengakibatkan kekosongan stok.

Haryanto menjelaskan, meskipun terjadi kenaikan harga pada beberapa komoditas sejak menjelang bulan puasa lalu, kenaikannya rata-rata tidak sampai 5 persen dan masih pada tingkat wajar, sehingga tidak perlu dilakukan operasi pasar. Operasi pasar baru akan dilakukan jika kenaikan harga sudah mencapai 20 persen.

Kenaikan harga terjadi pada beras, gula, minyak goreng dan beberapa bumbu dapur. Haryanto berharap meski terjadi lonjakan harga masyarakat tidak perlu melakukan pembelian dalam jumlah besar. Sebab pembelian dalam jumlah yang besar atau panic buying justru akan membuat harga semakin tak terkendali.

(586 views)
Tag: