Optimisme Di Hari Pelantikan Wakil Rakyat

Hari ini 49 Anggota DPRD Jember Periode 2009-2014 dilantik. Mereka yang dilantik merupakan hasil pilihan langsung rakyat. Itu artinya, mereka harus benar-benar mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat, serta harus menomor satukan kepentingan rakyat daripada kepentingan pribadi. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana pandangan pengamat politik terkait persoalan ini? Kemudian bagaimana pula komitmen anggota DPRD Jember Periode 2009-2014?

Menurut Pengamat Politik Universitas Jember, M Nur Hasan, dirinya masih menaruh harapan kepada wakil rakyat yang baru, agar benar-benar bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat, terutama di tingkatan paling bawah. Seperti, petani, nelayan, buruh dan lain sebagainya.

Kemudian lanjut Nur Hasan, dirinya berharap agar DPRD Jember yang baru, melihat produk hukum lama yang cenderung tidak aspiratif, bahkan ada beberapa diantaranya tidak sesuai dengan aturan hukum yang ada.

Nur hasan memprediksikan, Anggota DPRD Jember yang baru akan lebih memperhatikan kepentingan masyarakat, apalagi kata dia, mereka terpilih murni karena pilihan masyarakat. Jadi sudah menjadi suatu keharusan bagi mereka, untuk memperjuangkan masyarakat.

Melihat banyaknya demonstrasi pada saat pelantikan, Menurut Nur Hasan, aksi tersebut merupakan suatu pesan moral dan politis, kepada wakil rakyat yang baru agar tidak main-main terhadap penyelesaian masalah yang ada di masyarakat.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Jember yang juga Anggota DPRD Jember periode 2009-2014, Miftahul Ulum mengatakan, dirinya optimis pada periode mendatang, kinerja dewan akan semakin baik. Apalagi kata dia, dari 50 anggota dewan yang baru, 80 Persen diantaranya wajah-wajah baru. Kemudian lanjut Ulum, sekretariat dewan sudah mempersiapkan workshop, untuk anggota dewan yang baru sehingga nantinya kinerja mereka lebih maksimal.

Ulum menambahkan, memang pada periode sebelumnya kinerja anggota dewan belum maksimal. Hanya saja kata dia, pengalaman periode lalu akan dijadikan cermin, untuk menata kembali kinerja anggota dewan yang baru.

Lebih jauh Ulum menjelaskan, berdasarkan pengalaman pribadi selama tiga periode menjadi anggota dewan, biasanya penyesuaian menjadi Anggota DPRD Jember memakan waktu lumayan lama, sebab mereka harus belajar lagi. Paling tidak kata dia, penyesuaian akan memakan waktu selama satu semester atau 6 bulan.

Senada dengan Ulum, Anggota DPRD Jember dari PDI Perjuangan, Lukman Winarno mengatakan, dirinya optimis kinerja anggota dewan yang baru akan lebih baik. Apalagi kata dia, mayoritas wajah baru yang duduk di anggota dewan adalah wajah baru. Meski demikian lanjut Lukman, dirinya juga berharap kerjasama dengan semua pihak bisa terjalin dengan baik, agar kinerja DPRD yang baru lebih maksimal.

(597 views)
Tag: