4 Besar Partai Pemenang Pemilu Siapkan Kadernya Untuk Jabatan Pimpinan Dprd

Partai papan atas pemenang pemilu legislatif di kabupaten Jember, sudah menyiapkan kadernya untuk menduduki jabatan pimpinan DPRD Jember. PDI-P misalnya, merekomendasikan Lukman Winarno sebagai wakil ketua DPRD Jember.

Ketua DPC PDI-P Jember Kusen Andalas mengatakan, PDI-P akan mengikuti aturan dalam susunan dan kedudukan DPRD. Dimana jabatan ketua DPRD tidak melalui pemilihan tapi langsung diisi oleh partai pemenang pemilu yaitu partai Demokrat.

Meski demikian jika melihat komposisi perolehan kursi DPRD Jember, PDI-P masih mendapat satu jatah wakil ketua. Untuk itu DPC PDI-P Jember mengeluarkan rekomendasi tunggal kepada Lukman Winarno untuk menduduki posisi tersebut.

Sementara dari kubu partai demokrat sebagai pemenang pemilu di kabupaten Jember, nampak masih malu-malu mengungkapkan siapa yang akan direkomendasikan sebagai ketua DPRD Jember. Meski berkembang informasi diluar bahwa ketua DPC Partai Demokrat Saptono Yusuf, yang akan mendapat mandat menduduki pucuk pimpinan DPRD Jember.

Ketua DPC Partai Demokrat Saptono Yusuf mengatakan, ada mekanisme partai yang harus dilalui untuk menentukan siapa yang akan menduduki jabatan sebagai ketua DPRD. Beberapa hari lalu 4 orang caleg terpilih dari partai demokrat sudah mengikuti fit and propertest yang dilakukan di DPD Demokrat Jatim, diantaranya Saptono Yusuf sendiri, Ayub Khan, Anang Purwanto dan Suprapto. Tetapi sampai Rabu siang DPC Partai Demokrat Jember belum menerima keputusan dari DPP.

Meski DPP Partai Demokrat belum mengeluarkan surat keputusan siapa yang akan direkomendasikan menjadi ketua DPRD Jember, Saptono optimis rekomendasi tersebut akan jatuh kepadanya. Sebab dari ke-empat caleg terpilih yang mengikuti fit and propertest, hanya dirinya yang mantan anggota DPRD Jember periode lalu. Sehingga dari sisi pengalaman Saptono lebih unggul dari caleg Demokrat yang lain.

Selain Demokrat dan PDI-P, diprediksi PKB dan PKNU juga akan mendapatkan jatah sebagai wakil ketua DPRD Jember. Namun DPC PKB sampai Rabu siang masih menggelar rapat internal untuk menentukan siapa yang akan direkomendasikan menduduki jabatan wakil ketua DPRD Jember. Tetapi rumor dikalangan DPC PKB sendiri banyak dukungan mengalir ke mantan ketua komisi D DPRD Jember Miftahul Ulum, yang saat ini juga masih menjabat sebagai ketua DPC PKB Jember.

Senada dengan PKB, PKNU juga baru akan membahas siapa yang akan direkomendasikan sebagai wakil ketua Rabu malam. Meski demikian salah satu caleg terpilih PKNU Mohammad Jufriadi mengakui telah menerima surat dari sekretariat DPRD, untuk mengajukan satu nama yang akan menduduki jabatan sebagai wakil ketua.

(651 views)
Tags: