Wakil Ketua DPD Golkar Jember Maju Dalam Pilkada Melalui Jalur Independen

Diprediksi akan banyak calon yang ikut meramaikan bursa calon bupati Jember dalam pilkada 2010 mendatang. Namun sejauh ini baru ada 3 bakal calon bupati yang terang-terangan menyakan siap untuk maju. Diantaranya mantan wakil bupati Jember Bagong Sutrisnadi yang berencana melalui jalur partai Demokrat, serta Fataillah dan Sudjatmiko yang akan maju melalui jalur independent.

Sujatmiko yang juga wakil ketua DPD Golkar Jember ini mengatakan, dirinya mendapat dorongan dari beberapa elemen masyarakat untuk maju dalam pilkada 2010 mendatang. Namun karena Sujatmiko merasa belum puas dengan peran partai politik terutama untuk memberikan pembelajaran politik kepada masyarakat, Dirinya memilih melalui jalur independent.

jika pencalonannya nanti ternyata berhasil, menurut sujatmiko hal ini akan menjadi tamparan keras kepada partai-partai politik. Jika mereka mau berpikir harusnya akan melakukan pembenahan-pembenahan sehingga keberadaannya bisa bermanfaat bagi masyarakat, bukan hanya memanfaatkan masyarakat.

Sayangnya lanjut Sujatmiko sampai saat ini belum ada aturan yang jelas mengenai persyaratan bagi calon independent. Menurutnya ada kesan seolah-olah KPU sengaja menghambat pencalonan seorang kepala daerah dari jalur independent. Tapi inilah realita politik yang harus dihadapi bagi calon independent.

Sujatmiko mengakui ada beberapa unsur DPD Golkar yang ingin dirinya mengambil posisi sebagai ketua DPD Golkar Jember dalam musda yang akan digelar beberapa bulan kedepan. Namun Sujatmiko lebih memilih konsentrasi ke pencalonannya sebagai bupati dari jalur independent. Untuk itu saat ini dirinya menggalang dukungan dari elemen luar partai seperti komunitas seniman dan beberapa organisasi kepemudaan yang dipimpinnya.

(722 views)
Tag: