Ribuan Pencari Kerja Padati Job Market Fair

Ribuan pencari kerja di kabupaten Jember dan beberapa kabupaten sekitarnya, hari ini ikut bersaingan mendapatkan pekerjaan dalam job market fair yang diadakan dinas tenaga kerja pemkab Jember di GOR PKPSO Kaliwates.

Sedikitnya ada 49 perusahaan yang ikut serta, dengan menyediakan sekitar 3 ribu lebih lowongan pekerjaan. Asisten 2 pemkab Jember Edi Budi Susilo mengatakan, job market fair yang merupakan acara tahunan kabupaten Jember ini, diikuti oleh 32 perusahaan di Jember, 5 perusahaan asal Surabaya, 4 perusahaan asal Sidoarjo dan satu perusahaan dari Gresik. Selain itu ada juga perusahaan dari Batam, Kalimantan Timur dan pulau Bintan yang juga ikut dalam event ini.

Menurut Edi, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan bagi pencari kerja dipastikan akan lebih terbuka lebar, karena dalam job market fair kali ini yang butuhkan oleh perusahaan bukan hanya lulusan SMA atau Sarjana. Tetapi rekrutmen dilakukan mulai lulusan SD untuk tenaga kasar sampai tenaga tehnis dengan ijasah pasca sarjana.

Edi berharap, meski tidak bisa memastikan berapa persen jumlah pengangguran di kabupaten Jember bisa terserap dalam event ini, melihat banyaknya jumlah lowongan yang disediakan oleh perusahaan setidaknya sudah bisa mengurangi jumlah pengangguran.

Job market fair menurut Edi, selain untuk mengurangi jumlah pengangguran di kabupaten Jember juga dinilai menguntungkan pihak perusahaan. Sebab perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya publikasi untuk proses rekrutmen calon tenaga kerja.

(1.180 views)
Tag: