Berkas Belum Lengkap Pelantikan Abdul Ghofur Terancam Ditunda

Caleg terpilih dari Partai Amanat Nasional Abdul Ghofur, dipastikan tidak bisa memenuhi persyaratan pelantikan anggota DPRD Jember hari ini sesuai deadline waktu yang diberikan KPUD Jember kepada caleg terpilih. Satu berkas yang belum bisa dipenuhi Ghofur, kartu tanda anggota partai yang dilegalisir ketua DPD PAN Jember.

Anggota KPUD Jember Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, staf sekretariat KPUD Jember Selasa pagi sudah berangkat mendampingi eksekutif menyerahkan berkas ke pemprov Jatim. 50 berkas caleg terpilih dibawa ke Surabaya. Namun dari hasil pemeriksaan yang dilakukan KPUD Jember hanya berkas milik Ghofur yang dinyatakan belum lengkap.

Menurut Gogot, saat ini kewenangan menjadi hak pemprov. Hasil koordinasi KPUD Jember dengan pemprov beberapa waktu lalu, pemprov menyatakan ada kemungkinan bagi caleg terpilih yang tidak memenuhi syarat administratif akan ditunda pelantikannya. Bagi caleg terpilih yang belum memenuhi syarat akan dilantik sendiri setelah bisa memenuhi persyaratan.

Sementara Abdul Ghofur ketika dikonfirmasi mengatakan, yang menjadi kendala dirinya belum bisa melakukan legalisir KTA partai, karena sampai hari ini plt ketua DPD PAN Jember Agus Fathurahman masih berada di luar kota. Ghofur mengaku tidak melihat ada upaya penjegalan dari internal PAN untuk menggagalkan pelantikannya.

Ghofur berharap persoalan internal partai karena dirinya belum membayar kontribusi kepada partai, tidak dikait-kaitkan dengan pelantikannya. Ghofur mengakui dirinya memiliki tanggungan 38 juta kepada partai, namun hari ini Ghofur sudah membuat surat pernyataan akan melunasinya dengan cara mengangsur.

Ghofur menjelaskan alasannya tidak membayar kontribusi 20 persen ke partai, karena waktu itu ada peralihan ketua DPD PAN Jember dari Umar Fauzi kepada caretaker. Karena ada konflik internal, Ghofur mengaku bingung harus membayar kepada PAN yang dipimpin Umar Fauzi atau yang dipimpin caretaker.

Tetapi atas surat peringatan yang diterimanya dari DPD PAN Jatim, Ghofur menyatakan siap membayar kontribusi partai yang belum dibayarnya termasuk membayar kembali kontribusi yang terlanjur dibayarkan kepada DPD PAN yang dipimpin Umar Fauzi.

(770 views)
Tag: