PKB Berencana Usung Kadernya Sendiri Dalam Pilkada 2010 Mendatang

DPC PKB Jember berencana mengusung kadernya sendiri sebagai calon bupati Jember. Pernyataan sekretaris DPC PKB Jember Ayub Junaedi ini sekaligus mempertegas bahwa PKB tidak mendukung pencalonan kembali MZA Jalal dalam pilkada 2010 mendatang.

Menurut Ayub, PKB memiliki banyak kader yang mampu memimpin Jember. Sementara MZA Jalal bukan salah satu kader PKB. Sehingga meski dalam politik segala kemungkinan bisa terjadi, Ayub secara pribadi menilai PKB layak mengusung kadernya sendiri. Bahkan ketika ditanya jika kemudian Jalal menggandeng salah satu kader PKB sebagai bakal calon wakil bupatinya, Ayub dengan tegas menolak.

Sebab menurut Ayub, PKB ingin kadernya menjadi bupati, bukan menjadi wakil bupati. Meski demikian persoalan ini masih pendapat Ayub secara pribadi. Karena untuk keputusan siapa yang akan diusung dalam pilkada 2010 mendatang, DPC PKB masih akan menyerap aspirasi dari kader di tingkat bawah, termasuk juga meminta masukan dari PCNU dan para kyai.

Sebelumnya sempat muncul spekulasi bahwa PKB mendukung pencalonan kembali MZA Jalal dalam pilkada 2010 mendatang. Padahal semua masyarakat tahu, FKB merupakan salah satu fraksi di DPRD Jember yang sangat kritis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah kabupaten.

Dalam pandangan akhir fraksi kebangkitan bangsa pada sidang paripurna PAPBD kamis lalu, FKB melalui juru bicaranya memberikan sinyal mendukung MZA Jalal. Banyak pihak menilai sinyal yang diberikan kepada MZA Jalal merupakan manuver politik PKB untuk mendekatkan diri kepada incumbent.

(765 views)
Tag: