Sampai Akhir Juli Target Pelunasan PBB Masih Tercapai 40 Persen

Dinas pendapatan daerah akan menurunkan tim khusus untuk mendorong pendapatan APBD dari sektor pajak bumi dan bangunan. Sebab meski target akhir Juli lalu pelunasan PBB seharusnya sudah 100 persen, namun hingga awal Agustus pendapatan dari sektor PBB baru 40 persen.

Kepala dinas pendapatan daerah Jember Suprapto mengatakan, sampai akhir Mei baru mencapai 40 persen. Yang menjadi kendala sebenarnya menurut Suprapto, sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah untuk melunasi PBB masih sangat dominant.

Karena itu lanjut Suprapto, meski seharusnya persoalan ini cukup diselesaikan oleh camat, pihaknya tetap membentuk tim khusus yang akan turun ke daerah-daerah yang masih banyak memiliki tunggakan. Diharapkan dengan cara ini pendapatan dari sektor pajak bumi dan bangunan bisa meningkat. Mengingat saat ini pemkab Jember sangat membutuhkan banyak dana untuk mengatasi krisis APBD akibat kenaikan gaji PNS dan pemberian gaji ke-13.

Dari tahun ke tahun kenaikan pendapatan sektor pajak masih sangat rendah, hanya berkisar 1 sampai 2 persen per tahun. Suprapto mengaku sudah menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. Tetapi hasilnya masih sangat minim.

Jika sesuai target 100 persen menurut Suprapto, dari sektor pajak bumi dan bangunan saja kabupaten Jember bisa mendapat pemasukan hingga 21 milyar rupiah pertahun. Tetapi dalam prakteknya, diakhir tahun Dispenda hanya mampu mengumpulkan maksimal 75 persen dari yang ditargetkan.

(604 views)
Tags: