Pemprov Jatim Canangkan Tahun 2010 Gaji Guru Swasta Minimal 900 Ribu Rupiah

Tahun 2010 seluruh guru swasta di Jawa Timur minimal mendapatkan gaji 900 ribu rupiah untuk tingkat sekolah dasar, sedangkan untuk tingkat smp minimal diatas 1 juta rupiah. Demikian disampaikan wakil gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf dalam peresmian SMK Riyadlus Sholihin Gebang Sabtu siang.

Menurut Gus Ipul, selama ini dirinya melihat kesejahteraan guru khususnya swasta terkesan kurang diperhatikan. Saat upah minimum regional rata-rata diatas 500 ribu rupiah, masih ada guru di beberapa lembaga pendidikan didalam ponpes hanya mendapatkan gaji 20 sampai 40 ribu rupiah per bulan.

Untuk itu saat ini sedang dibahas di pemerintah propinsi, untuk menstandarkan gaji guru swasta. Menurut Gus Ipul, targetnya tahun 2010 aturan ini sudah di terapkan di Jawa Timur. Pengelola yayasan lanjut Gus Ipul tidak perlu khawatir, karena tunjangan profesi guru swasta ini sepenuhnya menjadi tanggungan pemerintah.

Lebih jauh Gus Ipul menerangkan, untuk anggaran insentif guru swasta ini pemerintah propinsi akan sharing dengan pemerintah kabupaten. Memang untuk sementara tunjangan profesi guru swasta masih diberikan kepada guru di tingkat SD dan SMP. Namun kedepan akan diupayakan untuk guru mengaji dan kemudian guru TK.

Hal ini menurut Gus Ipul dirasa sangat penting, karena peran sekolah swasta dalam dunia pendidikan cukup tinggi. Bisa dibayangkan apabila hanya mengandalkan sekolah negeri yang jumlahnya terbatas, tentu banyak anak yang tidak bisa bersekolah karena daya tampung sekolah negeri yang tidak mencukupi.

(1,294 views)
Tags: