Bank Indonesia Optimis Investasi Di Jember Meningkat

Pemimpin Bank Indonesia Rasyid Majid optimis, angka investasi di jember tahun 2009 jauh lebih baik dibanding 2008 lalu. Meski belum bisa mengatakan berapa persen kenaikannya, jika semua pihak siap Rasyid yakin kenaikannya cukup signifikan.

Menurut Rasyid, setelah dilakukan pertemuan antara perbankan dan pengusaha di pendopo bupati beberapa waktu lalu, saat ini sudah banyak pengusaha yang menyimpan uangnya di Jember. Padahal sebelumnya pengusaha lebih memilih bank-bank luar Jember.

Dengan indikasi ini lanjut Rasyid, membuktikan bahwa tingkat kepercayaan pengusaha untuk menanamkan investasinya di Jember meningkat. Memang untuk saat ini yang paling menonjol sektor pertanian dan perkebunan. Tapi tidak menutup kemungkinan kedepan banyak sektor usaha lain yang diminati investor, diantaranya industri atau perdagangan dan jasa.

Lebih jauh Rasyid menerangkan, hanya saja saat ini menjadi tugas bersama untuk merangsang tingkat kepercayaan pengusaha. Pemkab bertugas menjamin infrastruktur khususnya jalan, pihak kepolisian menjamin keamanan dan Bank Indonesia sendiri menjamin kinerja perbankan.

Salah satu strategi yang di tekankan oleh Bank Indonesia kepada perbankan, kesiapan memberikan bantuan pinjaman ketika pengusaha membutuhkannya. Selain itu menurut Rasyid, butuh komitmen perbankan agar memberikan insentif yang memuaskan untuk nasabah. Meski demikian insentif tidak harus selamanya diberikan dalam bentuk bunga simpanan tinggi. Tetapi bisa juga dilakukan dengan pelayanan yang baik.

(808 views)
Tags: