Dibandingkan Dengan Tahun Lalu, Ongkos Haji Untuk Tahun 2009 Mengalami Kenaikan

Biaya haji untuk tahun 2009 mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun lalu, biaya haji berkisar antara 32 Juta sampai 33 Juta Rupiah, maka untuk tahun ini biaya haji berkisar antara 35 sampai 37 juta rupiah. Hal ini diungkapkan Kasi Haji Dan Umroh Depag Jember M Muslih jumat pagi.

Menurutnya, kenaikan ini tidak terlepas dari belum stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang dolar amerika. Hanya saja kata dia, masing-masing daerah untuk pembiayaan haji tidak sama.

Untuk embarkasi juanda lanjut Muslih, biaya yang harus dikeluarkan oleh CJH sebesar 35 juta lebih, dengan asumsi nilai tukar rupiah terhadap dolar sebesar 10.211 rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk biaya dalam negeri 100 ribu rupiah dan biaya operasional daerah sebesar 300 ribu rupiah.

Lebih lanjut Muslih menjelaskan, untuk pelunasan biaya haji pihaknya sudah membukanya sejak tanggal 13 Juli sampai tanggal 12 agustus mendatang. Sedangkan untuk tahap kedua, pihaknya hanya memberikan waktu selama kurun waktu seminggu setelah tanggal 12 agustus.

(713 views)
Tag: