Kejaksaan Pekan Depan Periksa Kepala Bapemas Propinsi Jatim Terkait Dugaan Korupsi P2SEM

Kejaksaan negeri Jember pekan depan berencana memanggil kepala Bapemas propinsi Jawa Timur Suyono, untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi dana P2SEM, dengan tersangka ketua gerakan penghijauan dan lingkungan hidup Jember berinisial YS.

Selama 3 minggu melakukan penyidikan kasus ini, kejaksaan negeri Jember sudah memeriksa belasan saksi, termasuk kades Jelbuk, dua orang penjual bibit dan sedikitnya 7 orang anggota GPLH. Penyidik menyodorkan 30 pertanyaan kepada masing-masing saksi. Sayangnya kajari tidak bersedia menyebutkan hasil pemeriksaannya.

Menurut kepala kejaksaan negeri Jember Irdham mengatakan, saksi berikutnya akan akan diperiksa kepala Bapemmas propinsi Jawa Timur Suyono. Karena Suyono merupakan orang yang mencairkan langsung dana P2SEM ini kepada tersangka YS. Kejaksaan juga meminta BPKP untuk menghitung nilai kerugian Negara.

Lebih jauh Irdam menerangkan, pihaknya juga sudah melakukan penyelidikan terhadap ketua yayasan keluarga mandiri sejahtera berinisial SD. Setidaknya dari dua pelatihan pembuatan tempe dan sablon, kuat dugaan terjadi penyelewengan anggaran.

Diberitakan sebelumnya, yayasan keluarga mandiri mendapatkan dana P2SEM senilai 860 juta untuk 5 kegiatan. Sementara gerakan penghijauan yang dikelola YS, mendapat dana 300 juta rupiah.

(762 views)
Tag: