Untuk Meningkatkan Tingkat Partisipasi, Petugas TPS 1 Lingkungan Durenan Sediakan Souvenir dan Door Price

Berbagai cara digunakan penyelenggara pemilu untuk meningkatkan tingkat pastisipasi masyarakat dalam pilpres. Seperti yang dilakukan di TPS 1 lingkungan Durenan kelurahan Baratan Patrang. Selain menyediakan door price, setelah mencontreng pemilih juga diberi souvenir layaknya undangan pernikahan.

Gatot salah satu tim kreatif TPS 1 mengatakan, metode ini terbukti efektif untuk meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat. Sejak jam 07.00 sebelum TPS dibuka, sudah banyak masyarakat yang ngantri. Karena malam sebelumnya sudah diumumkan kepada semua warga, pencontrengan dimulai tepat jam 08.00 dan usai mencontreng akan diberi souvenir dan door price.

Gatot mengaku dana untuk souvenir dan door price merupakan dana dari swadaya masyarakat. Sebab dengan angka partisipasi masyarakat Durenan saat pileg lalu yang hanya berkisar 25% dirasa sangat memprihatinkan. Dengan cara ini Gatot berharap tingkat partisipasi masyarakat dalm pilpres mencapai 100 persen.

Untuk jumlah DPT lanjut Gatot, di TPS 1 ada 446 orang. Sementara 3 orang yang lain tidak masuk dalam DPT. Atas putusan Mahkamah Konstitusi yang mengijinkan pemilih menggunakan KTP dan KK, semalam ketiga warga melakukan pendaftaran sebagai pemilih tambahan.

(639 views)
Tags: