Sejumlah Surat Suara Pilpres Rusak

Sejumlah surat suara pilpres dalam kondisi rusak. Hal ini diketahui ketika dilakukan penyortiran sekaligus pelipatan surat suara yang dimulai sejak hari Rabu lalu. Belum diketahui secara pasti jumlah total surat suara yang rusak. Karena hingga hari kedua pekerja pelipatan surat suara belum mampu menyelesaikan pelipatan sesuai target perorangan, satu dos per hari.

Kepala sub bagian umum KPUD Jember Wahyudi mengatakan, mayoritas kerusakan berupa surat suara sobek. Kemungkinan kerusakan tersebut terjadi saat pengepakan. Sejauh ini Wahyudi memperkirakan surat suara cadangan masih cukup untuk mengganti sementara surat suara yang rusak. Meski demikian setelah mengetahui jumlah pasti surat suara yang rusak, KPUD Jember akan mengajukan penggantian surat suara ke KPU pusat.

Melihat hasil pelipatan selama dua hari, Wahyudi pesimis proses pelipatan bisa selesai sesuai target hari Sabtu mendatang. Meski demikian, karena keterbatasan luas gudang KPUD Jember tidak akan menambah tenaga pelipatan lagi. Kalau memang dibutuhkan jam kerja yang akan ditambah.

Sampai hari ini lanjut Wahyudi, masih ada dua 3 jenis logistik yang belum dating. Template untuk membantu pemilih tuna netra, Segel kotak suara dan formulir berita acara pemungutan dan penghitungan suara. Jika semua logistik datang tepat waktu, maksimal 30 Juni semualogistik sudah bergeser ke masing_masing PPK.

(729 views)

Tag: