Penetapan 3 Tersangka Dugaan Korupsi Lapter Membuat Dishub Kurang Percaya Diri

Gara-gara penetapan 3 orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi operasional lapangan terbang Noto Hadinegoro, jajaran dinas perhubungan Jember di tingkat pelaksana kurang siap mengoperasikan kembali lapter. Penetapan tersangka oleh kejaksaan agung ini membuat jajaran dishub serba takut untuk melangkah.

Kepala dinas perhubungan Jember Sunarsono menuturkan, setelah DPRD mengesahkan anggaran 11 milyar rupiah untuk operasional lapter tahun anggaran 2009, dirinya menerima banyak keluhan dari stafnya, yang secara mental takut tersandung masalah hokum. Padahal Sunarsono mengaku sudah memberikan pengarahan agar tidak terpengaruh dengan proses hukum yang sedang berjalan.

Menurut Sunarsono biarlah hukum tetap berjalan di jalurnya, operasional lapter tetap harus dilanjutkan. Sebab jika tidak, hukum juga bisa menjeratnya karena eksekutif tidak menjalankan perda. Anggaran sudah disahkan, bahkan ada perda yang mengatur operasional lapter. Sehingga menurut Sunarsono tidak ada lagi alasan untuk tidak mengerjakannya. Yang terpenting lanjut Sunarsono, pengalaman kemarin merupakan pengalaman berharga, sehingga tahun ini jangan sampai kesalahan serupa terjadi lagi.

Lebih jauh Sunarsono menerangkan, operasional bandara memang dirasa sangat berat. Bahkan dua orang yang ditunjuk untuk memimpin operaional bandara sudah mengajukan pengunduran diri. Tetapi lanjut Sunarsono, pihaknya tidak mungkin membatalkan operasional bandara. Karena memang desakan dari masyarakat untuk segera dioperasionalkan kembali cukup banyak.

Hasil evaluasi operasional bandara sebelumnya dirasa cukup baik. Dalam kurun waktu 3 bulan, jumlah penumpang riil tidak kurang dari seribu orang. Jumlah ini menurut Sunarsono bukan termasuk penumpang dengan tiket promosi. Tetapi ada tuntutan dari masyarakat agar pemkab menggunakan pesawat dengan daya tampung yang lebih besar, karena pesawat yang digunakan kemarin dirasa kurang nyaman.

Karena itulah saat ini pihaknya sedang melakukan penjajakan terhadap beberapa maskapai, termasuk berencana menambah panjang runway sekitar 25 sampai 28 meter dengan lebar 30 meter, sebagai syarat pengoperasionalan jenis pesawat yang lebih besar.

(752 views)
Tag: