Pilpres Putaran Kedua, Mungkinkah Terjadi?

Sembilan Belas Hari Lagi Pemilu Presiden akan digelar, sesuai dengan jadwal Komisi Pemilihan Umum Pusat pilpres akan digelar tanggal 8 Juli mendatang. Pada momen inilah masyarakat di seluruh belahan nusantara, dituntut untuk jeli memilih siapa yang akan mereka jadikan sebagai pemimpin. Pada pemilu tahun 2004 lalu diramaikan oleh lima pasangan, karena perolehan suaranya belum ada yang mencapai 30 persen, maka pada Pilpres Tahun 2004 sempat terjadi pilpres untuk putaran kedua. Kondisi ini tentu jauh berbeda dengan pilpres 2009, sebab kali ini hanya diikuti oleh tiga Pasangan Calon Presiden Dan Cawapres.

Pertanyaannya sekarang, pada Pilpres 2009 akankah kembali terjadi putaran kedua? Lalu, sejauh ini bagaimana optimisme parpol pengusung capres? Kemudian, bagaimana pula kesiapan pelaksana pemilu?

Pada prinsipnya Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, selalu siap untuk melaksanakan tugas sebagai pelaksana pemilu. Demikian Ungkapan Salah Satu Anggota KPU Kabupaten Jember, Gogot Cahyo Baskoro. Menurutnya, sementara ini KPU berkonsentrasi untuk melaksanakan pilpres. Jadi kata Gogot, pihaknya tidak mau terlalu berfikir jauh, apakah pilpres akan berjalan selama dua putaran atau tidak. Hanya saja pada prinsipnya, seandainya pilpres berlangsung selama dua kali putaran, KPU Kabupaten Jember siap untuk melaksanakan tugasnya.

Gogot menambahkan, sejauh ini pihaknya terus melakukan upaya percepatan mengenai persiapan pilpres. Mulai dari melakukan koordinasi dengan tim kampanye capres, kemudian terus menggelar sosialisasi kepada masyarakat.

Sekretaris Tim Pemenangan JK-Win, Yudi Hartono menjelaskan, sejauh ini tidak ada persiapan khusus mengenai strategi pemenangan pasangan JK-Win. Sebab kata dia, sosok JK sudah membumi di masyarakat. Yudi menambahkan, khusus target perolehan suara pasangan JK-Win pihaknya tidak mau bermuluk-muluk. Dengan modal perolehan suara Golkar Dan Hanura pada pilleg lalu, serta tingkat partisipasi masyarakat tim pemenangan JK-Win menargetkan akan mendapat 30 persen. Yudi optimis pasangan JK-Win akan melenggang ke pilpres putara kedua.

Sosok JK lanjut Yudi, satu-satunya capres yang pantas untuk memimpin bangsa ini, apalagi pasangan capres partainya itu, dilahirkan dari dua unsur kebudayaan yang berbeda. Jadi jelas, pasangan ini akan mudah menyatukan seluruh elemen bangsa ini. Yudi mencontohkan, sosok JK adalah orang yang paling berperan penting proses perdamaian pada saat terjadi konflik di daerah Aceh.

Belum lagi kata dia, JK satu-satunnya capres yang punya latar belakang organisasi kemasyarakatan NU. Dimana ormas ini adalah ormas terbesar di negeri ini. Jadi jelas dukungan kultur warga nahdliyin akan diarahkan kepada JK.

Berbeda dengan Yudi, Ketua DPC Partai Demokrat Jember, Saptono Yusuf menegaskan, partainya menargetkan Pasangan SBY-Boediono akan memperoleh suara sebesar 80 persen. Saptono optimis pilpres mendatang akan berjalan satu putaran saja. Sebab kata dia, sosok SBY masih sulit ditandingi oleh pasangan capres lain. Apalagi program yang dihasilkan oleh pemerintahan SBY, semua bisa langsung dirasakan oleh masyarakat.

Saptono menambahkan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan semua parpol pendukung SBY untuk mempersiapkan strategi pemenangan dan hasilnya semua parpol menyatakan kesiapannya untuk memenangkan SBY.

(780 views)

Tag: