2 TKW Asal Jember Dijadikan Pemuas Nafsu Majikan Di Macau

Lagi-lagi dua warga kabupaten Jember menjadi korban perdagangan orang. Keduanya berinisial RI, warga desa Rejoagung kecamatan Semboro, dan UR warga desa Andongsari kecamatan Ambulu. Kedua korban bukan hanya tidak dibayar selama menjadi TKI, tetapi juga dipaksa memuaskan hasrat seksual 8 majikannya.

Korban berangkat ke Macau melalui salah satu perusahaan penyalur tenaga kerja yang memiliki kantor cabang di beberapa kota di Jawa Timur. Meski pada awalnya korban dijanjikan untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga, ternyata sesampai di Macau korban dipekerjakan sebagai PSK.

Bukan hanya itu, korban RI dipekerjakan kepada empat majikan dengan tugas memuaskan hasrat seks majikan tanpa bayaran sepeserpun. Sementara UR dipekerjakan kepada 8 majikan juga untuk pemuas nafsu tanpa di bayar.

Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia M. Cholily mengatakan, kedua korban awalnya menginginkan berangkat ke Hongkong. Tetapi ternyata keduanya diberangkatkan ke Macau tahun 2008 lalu.

Korban berhasil pulang setelah kabur dari majikannya dan mendatangi sebuah lembaga perlindungan tenaga kerja di Macau. Lembaga inilah yang kemudian berkoordinasi dengan Serikat Buruh Migran Indonesia, untuk proses pemulangan kedua korban.

SBMI lanjut Cholily, sudah melaporkan kasus ini ke Polda Jatim. Sebab kuat dugan kasus serupa juga menimpa sejumlah korban lain di Jawa Timur, seperti Trenggalek, Tulung Agung dan Banyuwangi, dimana perusahaan penyalur tenaga kerja ini memiliki kantor cabang.

(2.297 views)
Tag: