Di Wilayah Besuki Sedikitnya 500 TPS Masuk Kategori Rawan 1

Menjelang pelaksaan pemilu presiden 8 Juli mendatang, Polwil Besuki melakukan pemetaan titik-titik rawan. Dari 11 ribu TPS sedikitnya 500 TPS yang tersebar di 4 kabupaten, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso dan Jember masuk kategori rawan1.

Kapolwil Besuki Kombespol Imam Jauhari di sela-sela peluncuran website polres Jember Senin siang mengatakan, TPS dikatakan rawan satu bukan karena rawan kriminalitas, tetapi hanya karena letak secara geografis sulit dijangkau, dan rawan terjadinya protes. Bertambahnya jumlah TPS rawan lanjut Jauhari, mengaca pada pileg lalu, TPS yang sebelumnya dinyatakan aman tetapi kemudian terjadi banyak protes saat ini ditingkatkan menjadi rawan satu.

Jika rawan kriminalitas masuk kategori rawan dua. Tetapi sejauh ini tidak ada satupun TPS di wilayah Besuki yang masuk kategori rawan dua. Sementara untuk TPS rawan satu menurut Jauhari, terbanyak terdapat di Bondowoso, baru kemudian disusul berturut-turut Jember, Banyuwangi dan Situbondo.

Sementara untuk pegamanan pilpres polwil Besuki menyiapkan 2/3 pasukannya atau sekitar 600 personel oncall yang siap bergeser kepolres jajaran, jika sewaktu-waktu terjadi kerusuhan maupun kegiatan massa dalam jumlah besar. Yang terpenting lanjut Jauhari, saat ini semua polres jajaran polwil Besuki sudah siap menamankan pilpres mendatang.

(895 views)
Tags: