Untuk Mengurangi Penumpukan Lalin Di Alun-alun Dan Trunojoyo, Dishub Akan Lakukan Perubahan Arus

Untuk mengurangi penumpukan arus lalu lintas di kawasan alun-alun Jember, dinas perhubungan berencana melakukan rekayasa arus lalu lintas. Jalur Diponegoro yang saat ini menuju Sultan Agung, dibalik ke arah Trunojoyo melalui matahari. Dan dari Jompo pengguna jalan bisa langsung ke jalan Diponegoro.

Kabid lalu lintas dishub Jember I Putu Budiada menerangkan, dari hasil survey yang dilakukannya, setiap hari terjadi penumpukan lalin di depan pasar kepatihan jalan Trunojoyo dan seputaran alun-alun. Karena masyarakat yang akan ke pusat kegiatan di matahari dan pasar tanjung harus melalui Trunojoyo.

Dengan pemotongan arus ini diharapkan penggunaan arus tidak terfokus di Trunojoyo. Sehingga penumpukan arus lalin di kawasan alun-alun otomatis bisa terkurangi.

Rencana rekayasa arus lalu lintas ini menurut Budiada, sudah diajukan ke bupati. Tinggal melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait seperti Sat Lantas dan DLLAJ. Untuk tahap awal akan dilakukan percobaan 1 bulan, jika tidak terjadi persoalan dilanjutkan sampai 3 bulan. Baru kemudian dilakukan evaluasi apakah layak diteruskan atau dkembalikan seperti semula.

(745 views)
Tag: