Penambahan DPT Didominasi Pemilih Pemula

Daftar pemilih tetap kabupaten Jember bertambah 38 ribu lebih. Penambahan DPT ini terbanyak di dominasi pemilih pemula, yang rata-rata antara 500 sampai 1000 pemilih tiap kecamatan.

Divisi pemutakhiran data pemilih KPUD Jember Hanan Kukuh Ratmono menuturkan, penambahan terbanyak terjadi di Ambulu, yang mencapai 4 ribu lebih pemilih tambahan. Diperkirakan banyaknya penambahan ini menurut Hanan, karena masuknya pemilih yang pada pileg lalu terlambat di daftar. Selain itu menjelang pilpres kali ini banyak terdapat pemilih pemula.

Menurut hanan penambahan DPT ini sudah final. Namun untuk penetapannya masih menunggu pleno KPUD. Karena anggota KPUD masih disibukkan jadwal fit and proper test, tidak semua anggota KPUD bisa kumpul. Bahkan bisa jadi penetapan akan dilakukan anggota KPUD Jember yang baru.

Lebih jauh Hanan menerangkan, dari 31 kecamatan hanya kecamatan Sumberbaru dan Semboro yang terjadi pengurangan. Untuk Sumberbaru berkurang 260 pemilih, sementara di kecamatan Kencong berkurang 59 pemilih. Pengurangan pemilih ini diduga karena ada beberapa yang meninggal dunia dan beberapa lainnya pindah rumah.

(883 views)
Tags: