Kejaksaan Negeri Jember Siap Lanjutkan Proses Hukum Dugaan Penyimpangan Proyek Di Jember

Kepala Kejaksaan Negeri Jember Irdham menyatakan siap melaksanakan perintah Kejaksaan Agung maupun Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, untuk melanjutkan proses hukum dugaan penyimpangan keuangan di sejumlah proyek atau progam di Jember. Irdham mencontohkan, dugaan korupsi sewa pesawat dan juga progam penanganan sosial ekonomi masyarakat atau P2SEM.

Tentang P2SEM Irdham mengatakan pihaknya sudah dua pekan lalu mengirimkan hasil penggalian informasi ke Kejaksaan Tinggi. Beberapa diantaranya lanjut Rrdham, direkomendasikan untuk ditingkatkan ke tahap penyidikan, karena bukti awal dirasa sudah cukup. Dari ratusan penerima dana P2SEM, beberapa diantaranya diindikasikan terjadi pemotongan yang jumlahnya bervariasi, baik dilakukan oknum di tingkat propinsi maupun di tingkat kabupaten. Untuk melakukan pemeriksaan lebih tajam Irdham masih akan menunggu perintah lebih lanjut.

Sebelumnya tim gabungan Kejaksaan Agung  dan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, beberapa kali turun ke Jember menindaklanjuti laporan masyarakat dan laporan hasil pemeriksaan BPK, untuk menggali informasi dugaan penyelewengan di Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan dan Badan Pemberdayaan Masyarakat.

Untuk kesekian kalinya Kajari Jember Irdham menyatakan siap menindak lanjutinya apabila Kejaksaan Agung maupun Kejaksaan Tinggi memintanya, termasuk dugaan penyimpangan dana proyek bedah rumah. Tetapi sejauh ini menurut Irdham, pihaknya belum menerima pemberitahuan dari Kejaksaan Agung, meski kabarnya gedung budar sudah menetapkan tersangka.

Menurut Irdham, kalau benar kejaksaan Agung sudah menetapkan tersangka dugaan penyelewengan proyek bedah rumah, maka prosesnya pasti ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan.

(823 views)
Tag: