Warga Silo Tunggu Janji DPRD Dan Disperindag Klarifikasi Dukungan Terhadap Tambang

Warga Silo menunggu janji Disperindag dan komisi B DPRD Jember, untuk turun ke bawah melakukan kroscek kebenaran penggalangan tanda tangan, yang diklaim oleh investor mendukung aktifitas penambangan mangan. Jika tidak segera dilakukan, warga khawatir konflik horisontal tidak bisa di hindari.

Kepala dusun Curah Ungkal Syafiudin menuturkan, diberitakan di media massa bahwa DPRD dan Disperindag berencana melakukan kros cek kebenaran penggalangan tanda tangan yang disodorkan oleh investor. Karena hanya dengan seperti itu Disperindag dan DPRD tahu kebenaran yang terjadi di lapangan. Syafiudin berharap DPRD dan Disperindag jangan hanya berdiam diri di Jember yang jauh dari warga Silo. Karena jika tidak turun sendiri dikhawatirkan keputusan yang diambil nantinya akan salah.

Menurut Syafiudin, dirinya sudah mencoba melakukan kroscek kepada warganya. Tetapi sebagian besar warga mengaku tidak ditanya mengenai persetujuannya terkait tambang. Warga hanya ditanya oleh seseorang yang tidak dikenal sebelumnya, jika ada pekerjaan mereka bersedia untuk bekerja atau tidak. Jelas siapapun warga Silo yang ditanya seperti itu akan menjawab bersedia.

Syafiudin mensinyalir tanda tangan warga yang disodorkan ke DPRD palsu. Tidak semua warga Silo lanjut Syafiudin bisa membaca dan menulis. Seharusnya jika memang benar dari warga, tidak mungkin seribu orang tanda tangan semua. Setidaknya ada beberapa orang yang memberikan cap jempol. Tetapi buktinya yang disodorkan ke DPRD dan Disperindag semuanya tanda tangan.

Meski warga mengatakan DPRD dan Disperindag belum pernah turun ke bawah, kepala Disperindag Hariyanto saat dikonfirmasi sebelumnya, mengaku sudah turun dan sampai saat ini stafnya terus melakukan kroscek. Hariyanto mengakui ada beberapa diantara warga yang memang  tahu, dirinya diminta tandatangan untuk mendukung tambang. Ada juga diantaranya yang mengaku tidak tahu, bahkan tidak pernah tanda tangan.

Diberitakan sebelumnya, dalam hearing antara komisi B DPRD Jember, Disperindag dan investor tambang diputuskan DPRD Jember dan Disperindag akan turun ke lapangan melakukan kros cek kebenaran dukungan tersebut. Sebab anggota dewan menilai ada beberapa hal yang ganjil, diantaranya bentuk tulisan dan tanda tangan beberapa diantaranya mirip bahkan ada yang sama persis.

(847 views)
Tag: