Kesiapan Parpol Pengusung Capres Dan Cawapres

Dalam waktu dekat, Pesta Demokrasi Pemilu Presiden 2009 bakal digelar. Sesuai jadwal Komisi Pemilihan Umum, KPU Pusat, Pilpres akan diselenggarakan tanggal 8 Juli mendatang. Tidak hanya itu, kandidat yang akan bertarungpun sudah nampak, diantaranya, Jusuf Kalla-Wiranto, Susilo Bambang Yudoyono-Boediono dan Megawati Soekarno Putri-Prabowo Subianto. Jadi sekarang yang menjadi pertanyaan adalah jika Capres Dan Cawapres sudah dideklarasikan, bagaimana kesiapan partai politik pengusung di kota tembakau ini? Kemudian, bagaimana strategi yang akan digunakan masing-masing parpol untuk meraih dukungan masyarakat?

Pasca pendeklarasian masing-masing capres dan cawapres langsung bergerak, seolah-olah tidak ingin ketinggalan momen para kandidat kini rajin bergerilya turun ke bawah. Semisal, melakukan kunjungan ke pondok pesantren, menemui konstituen menggelar rapat koordinasi di masing-masing daerah.

 

Menurut Wakil Sekretaris DPC Partai Demokrat Jember, Totok Sumianta, meski partainya sudah mendeklarisakan SBY sebagai capres dan Boediono sebagai cawapres, hingga hari ini belum ada instruksi dari DPP Partai Demokrat, untuk segera membentuk tim pemenangan di daerah.

 

Padahal lanjut Totok, keberadaan tim pemenangan capres sangat dibutuhkan di masing-masing daerah, sebab tim pemenanglah yang nantinya akan mengatur strategi untuk memenangkan pilpres. Sejauh ini kata Totok, meski belum ada instruksi dari pusat, partainya sudah melakukan konsolidasi dengan beberapa partai yang berkoalisi dengan Democrat.Hanya saja menurutnya, koordinasi yang dilakukan hanya bersifat kultural belum melalui forum-forum resmi.

 

Totok menambahkan, dirinya optimis meski hingga hari ini partainya belum membentuk tim pemenangan SBY Berbudi, partainya akan kembali berhasil mengantarkan SBY sebagai presiden untuk kedua kalinya. Apalagi, Sosok SBY merupakan figur yang masih sulit untuk ditandingi, sebab jika dilihat dari program pemerintah yang dipimpin oleh SBY semuanya lebih mengutamakan rakyat seperti Bantuan Langsung Tunai.

 

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Jember, Kusen Andalas, usai acara konsolidasi Pengurus PDIP se Kabupaten Jember menuturkan, partainya optimis Megawati Dan Prabowo akan menjadi presiden dan wakil presiden untuk periode selanjutnya.

 

Apalagi lanjut Kusen, visi yang dibawa oleh PDIP dan Gerindra sebagai pengusung prabowo sama, yakni keberpihakan terhadap orang cilik atau lebih populer dengan istilah partainya wong cilik.

 

Kusen menambahkan, Pengurus PDIP Dan Gerindra Jember, sudah menyiapkan strategi utnuk memenangkan pasangan Mega-Pro salah satu diantaranya, akan menyiapkan posko pemenangan di masing-masing PAC. Lebih lanjut Kusen menjelaskan, kekalahan Megawati pada Pilpres 2004 lalu akan dijadikan sebagai bahan cerminan untuk melakukan gerakan pada pilrpes sekarang. Apalagi menurutnya, mengaca hasil pemilu legislatif lalu suara PDIP Dan Gerindra di Jember sangat besar.

(1.167 views)
Tag: