Stok Beras Bulog Jember Aman Untuk 19 Bulan Ke Depan

Dengan target pengadaan 79 ribu ton lebih sepanjang tahun 2009, stok pangan kabupaten Jember diprediksi aman hingga 19 bulan ke depan. Hal ini disampaikan wakil kabulog sub divre 11 Jember Subali Agung Gunawan. Meski demikian menurut Agung, biasanya di pertengahan tahun stok beras Jember akan digunakan untuk mensuplay daerah-daerah devisit, seperti Nusa Tenggara Timur dan sebagian besar Kalimantan. Bulog Jember hanya akan mempertahankan stok aman untuk 6 bulan.

Agung menerangkan, per 14 Mei 2009 bulog Jember masih menyisakan stok gabah dan beras yang jika dikonversi setara dengan 74 ribu ton. ditambah dengan pengadaan 2009 sebanyak 79 ribu ton, total stok Jember mencapai 150 ribu ton lebih.

Lebih jauh Agung menerangkan, selain untuk disalurkan ke daerah devisit pangan stok beras di bulog akan disalurkan untuk raskin. Dibanding target 2008 lalu yang hanya 41 ribu ton, target penyaluran raskin untuk kabupaten Jember tahun ini mengalami peningkatan hingga hampir 45 ribu ton. Sejauh ini menurut Agung, 70 persen diantaranya sudah tersalurkan.

Agung menilai dengan peningkatan target penyaluran raskin tahun ini, bukan berarti jumlah keluarga miskin bertambah. Agung yakin jumlah keluarga miskin stagnan. Hanya saja kemampuan pemerintah menyalurkan raskin mengalami peningkatan. Humlah itupun menurut Agung dirasa masih belum cukup. Agung optimis target penyaluran raskin tahun 2010 lebih banyak dibanding tahun ini.

(674 views)
Tag: