Flanella – Selamat Tinggal Cinta Pertama

Saat kita membuka mata, lalu melihat dunia di sekeliling, begitu banyak tercipta cerita. Cek saja status facebook teman-teman kita. Setiap hari ada saja yang bisa kita tertawa atau bikin kita ikut menangis. Beberapa dari mereka berteriak soal patah hati. Sebagian lagi bernyanyi penuh suka cita.

Flanella merupakan band asal Malang yang sebelumnya pernah mengeluarkan 2 (dua) album, yang pertama bertajuk Flanella dengan single Bila Engkau, C.A.Y.T (Cinta Abadi Yang Terluka), Anjelie dan album kedua bertajuk Aku Bisa dengan judul single yang sama dengan album. Kini ditahun 2009, Flanella hadir kembali dengan formasi baru, yaitu Kidnep (vokal), Ayik (gitar), Dhana (bas), Catur (dram), dan Onky (kibor). Untuk sejenak, band yang dibentuk bulan Oktober 2000 ini sempat menghilang dari peredaran dunia musik dikarenakan proses perpindahan label dan menyiapkan diri untuk album terbaru. “Kita melihat banyak band bermunculan, dengan gaya dan identitas mereka masing-masing. Semua itu menjadi inspirator dalam penggarapan album ini.” Terang Dhana. “Tapi bukan untuk menciptakan karya-karya yang sama seperti karya mereka. Justru kita ingin membuat yang berbeda dari yang mereka punya.” Ayik sang gitaris buru-buru menambahi. 

Ditahun 2009 ini, Flanella kembali hadir dan telah siap menampilkan karya mereka di industri musik Indonesia. Dengan sebuah album yang dikerjakan di tiga kota. Malang, Bogor dan Bandung. “Biar suasananya jadi segar, enggak bosan, dan banyak inspirasi yang keluar” terang Onky.

Sekarang mereka bergabung dengan Trinity Optima Production. Albumnya berjudul, Berjuta Rasa

 

Cerita pertama dari album ini berjudul Selamat Tinggal Cinta Pertama. Sebuah lagu  mellow  yang simple. Namun, notasi lagu ini mempunyai kekuatan magis yang bisa bikin perasaan kita berantakan. Dan ini ternyata cukup mempengaruhi proses rekaman. Sampai detik terakhir pun, aransemen lagu masih terus berkembang. Lagu ini cocok untuk orang-orang yang berada di ujung akhir sebuah hubungan. Apalagi cinta pertama yang biasanya susah banget dilupakan. Sekilas terdengar sedih, tetapi dibaliknya ada pesan yang positif dan sebuah semangat untuk menerima keadaan dengan ikhlas. Hey, siapa tahu, itu jalan yang terbaik!

 

Berikutnya adalah sebuah cerita tentang cowok-cowok bandel, Bad Boy . Dengan musikalitas yang lebih simple, lagu ini punya pesan yang perlu diperhatikan para kaum hawa. Mereka yang terlihat urakan, juga bisa jatuh cinta. Malah, kadang saat seorang bad boy jatuh cinta, mereka benar-benar larut di dalamnya. “Mereka lebih bisa menghargai cewek,” tutur Kitnep  yang mengaku menciptakan lagu ini berdasar cerita seorang teman. Yang pasti, sebandel-bandelnya orang, tetap bisa jatuh cinta.

 

Di album ini ada sebuah lagu lama banget, bahkan tercipta sebelum Flanella terbentuk, cuma kurang judul saja. Pas ngumpulin materi untuk bikin album ke 3, baru ketemu judulnya, Karena Aku Jatuh Cinta Padamu. “Karya Kidnep, yang dulu progresi chord-nya cukup ribet, sekarang kita bikin lebih simple.” Terang Onky lebih lanjut.  “Nah, soal penataan musik, justru lebih masa kini. Dengan looping dan sequencer, lagu ini jadi terasa sangat segar.”

 

Flanella tidak hanya punya lagu-lagu mellow. Mereka juga punya lagu-lagu yang penuh semangat dan juga lirik yang menggelitik. Seperti lagu Sah, yang dibuat Kitnep dalam masa stress-nya. “Lagu ini bercerita tentang pernikahan. Liriknya diambil dari teks ijab kabul yang sesungguhnya. Ini gara-gara pengen lagu yang liriknya benar-benar bisa mencuri perhatian banyak orang. Dan harapan berikutnya, semoga lagu ini bisa jadi theme song setiap wedding,” ujar Kidnep lagi sambil sedikit terkekeh.

 

Album ini mungkin terasa jauh lebih berwarna ketimbang yang dulu. “Aku saja sempat tertipu. Sebelum bergabung aku kira lagu Flanella ya gitu-gitu semua. Ternyata beda banget. Dan mereka tetap bisa idealis dalam komprominya dengan pasar.” Ujar Catur, drumer baru Flanella. Salah satu yang bisa mewakili sisi idealisme mereka adalah sebuah lagu berjudul What I Want yang berbahasa Inggris. “Bukan karena pengen gaya. Tapi karena notasi lagunya memang lebih cocok berbahasa Inggris.” Terang Onky. Masih banyak lagi cerita yang ada di album ini. Dan semua diyakini bisa jadi theme song  setiap suasana hati kita.

 

Sebagai pelepas rindu, ada 2 lagu lama Flanella yang dimasukkan kembali ke album baru ini, yaitu Bila Engkau dan Aku Bisa. Kedua lagu ini tidak diaransemen ulang tetapi hanya sedikit dipotong dari lagu yang lama. Semoga kerinduan dan apa yang di rasakan semua orang di setiap harinya terwakili dalam album Berjuta Rasa dari Flanella. Mari kita manjakan hati kita.

 

Judul Album: Berjuta Rasa

Artist: Flanella

Produksi: P.T. Trinity Optima

(3,118 views)
Tags: