Jember Aman Flu Burung

Setelah beberapa waktu lalu Jember dinyatakan siaga terhadap flu burung dengan penyebaran di 17 kecamatan, pekan ini Dinas peternakan menjamin Jember kembali dalam kondisi aman. Pasalnya mayoritas kecamatan yang sebelumnya terserang, setelah dievaluasi selama 14 hari ternyata tidak ada lagi kematian unggas.

Kepala Dinas Peternakan Jember Dhalhar menerangkan, yang saat ini menjadi perhatian hanya 3 kecamatan yang terakhir terserang. Yakni kecamatan Arjasa, Jelbuk dan Ambulu. Sebab ke 3 kecamatan ini masih belum bisa dilakukan evaluasi karena belum sampai 14 hari dari kejadian awal.

Sementara terkait antisipasi penyebaran flu babi, disnak menurut Dalhar sudah melakukan inventaris jumlah peternakan dan masyarakat pemelihara babi. Dipastikan dari 2 peternakan, total populasi babi di Jember hanya sekitar 600 ekor.

Dengan pendataan ini diharapkan bisa mempermudah Disnak untuk melakukan langkah penanganan jika sewaktu-waktu terjadi penyebaran. Namun sejauh ini pihaknya belum menemukan satupun babi di Jember yang terinveksi. Disnak lanjut Dalhar juga memperketat pengawasan di pemotongan hewan. Sehingga daging babi ataupun ayam yang dijual dipasaran dipastikan bebas virus.

 

(701 views)
Tag: