Inflasi Jember Tertinggi Ke 44 Se-Indonesia

Meski suhu politik dipastikan tidak berpengaruh terhadap laju inflasi di Jember, ternyata inflasi kabupaten Jember per Maret 2009 sebesar 0,50 persen, masuk dalam 50 besar kabupaten dengan inflasi tertinggi di Indonesia. Hal ini disampaikan kepala badan pusat statistik Jember Nella Oktaviana.

Berdasarkan hasil rapat kerja tim pengendali inflasi kabupaten Jember di kantor Bank Indonesia, dari 7 item indikator inflasi hanya ada 2 item yang mengalami deflasi, transportasi dan komunikasi yakni sebesar 2,81 persen. Sementara penyumbang inflasi tertinggi akibat kenaikan harga cabe rawit yang mencapai 14,5 persen.

Menurut Nella, meski tidak berpengaruh langsung terhadap inflasi hingga bulan Maret, Nella memprediksi suhu politik akan berpengaruh terhadap inflasi bulan April, yang baru akan diketahui awal Mei mendatang.

Lebih jauh Nella menerangkan, angka inflasi kabupaten Jember sebesar 0,50 persen, menempatkan Jember di urutan 44 se-Indonesia dengan angka inflasi tertinggi. Sementara di urutan pertama di tempati Jayapura dengan nilai inflasi per Maret 2009 sebesar 1,70 persen.

(946 views)
Tags: