PKB Merasa Dirugikan Sistem Pemilu

Sistem pemilu kali ini dinilai tidak memenuhi asas keadilan. Setidaknya hal ini dirasakan DPC PKB Jember. Dengan perolehan suara sebesar 23 ribu di dapil I, PKB hanya mendapatkan 1 kursi. Sementara caleg partai lain dengan perolehan 7 ribu suara juga mendapat 1 kursi.

Menurut sekretaris DPC PKB Jember Ayub Junaedi, PKB hanya mendapat satu kursi karena sisa suara partai lain lebih banyak. Jika sisa suara caleg bisa dialihkan ke caleg dibawahnya, PKB di dapil I bisa mendapat 2 atau 3 kursi. Tetapi dalam aturan suara partai di berikan kepada caleg  suara terbanyak.

Perolehan suara PKB lanjut Ayub, sebenarnya masih cukup baik. Namun perolehan kursi di dewan jauh menurun dibanding pemilu 2004. Meski demikian karena sistem pemilu yang dinilai setengah hati, PKB tidak bisa berbuat banyak.

Lebih jauh Ayub menerangkan, menurunnya perolehan kursi untuk PKB dirasa sangat wajar. Sebab hampir 5 tahun di internal PKB terjadi konflik. Sehingga waktu persiapan menghaddapi pemilu 2009 dirasa terlalu sempit.

Tugas berat yang menunggu PKB pasca pemilu lanjut Ayub, menunjukkan kepada konstituen bahwa PKB di Jember masih besar dan tetap memegang komitmen. Ayub optimis perolehan suara PKB dalam pemilu mendatang jauh lebih baik dibanding hasil pemilu kali ini.

 

(666 views)
Tag: