Penghitungan Manual KPUD Jember Di Warnai Aksi Unjuk Rasa

Proses penghitungan manual KPUD Jember diwarnai aksi unjuk rasa. Puluhan caleg yang menduga terjadi kecurangan dalam penghitungan di tingkat PPK dan PPS mendatangi hotel bandung permai, dimana proses penghitungan manual KPUD Jember dilakukan.

Edi Purnomo salah satu caleg PDP mengatakan, kecurangan terlihat jelas dengan terjadinya pergeseran suara, baik antar caleg maupun antar partai. Selama KPUD belum menyelesaikan persoalan ini, akan terjadi penolakan besar-besaran terhadap hasil penghitungan. Sehingga penghitungan yang dilakukan hari ini sia-sia.

Senada dengan Edi, caleg Partai Golkar Miftahul Rahman juga mengatakan hal yang sama. Miftahul menilai kecurangan yang terjadi di Jember sangat sistematis. Karena itu dirinya menilai kecurangan dilakukan oleh KPUD beserta jajaran dibawahnya. Miftahul juga menilai angka golput di Jember tidak besar. Tetapi yang terjadi ada pemaksaan yang dilakukan oleh KPUD agar angka golput besar. Sehingga harga kursi untuk menjadi anggota dewan lebih murah. Indikasinya lanjut Miftahul, DPT dibuat semrawut dan tidak ada upaya perbaikan oleh KPU.

Ketua KPUD Jember Sudarisman menanggapi aksi para caleg ini mengatakan, menolak adalah hak para caleg. Meski demikian Sudarisman menilai pleno terbuka dengan agenda penghitungan manual ini sah sesuai undang-undang. Jika memang ada komplain, harusnya dari PPK atau PPS minimal ada catatan. Namun sejauh ini tidak ada keberatan satupun dari saksi. Bahkan Panwas sendiri tidak merekomendasikan adanya pelanggaran.

Sementara terkait penghitungan suara sampai jam 14.00 WIB masih merekap perolehan suara DPR-RI. Melihat waktu yang dibutuhkan untuk penghitungan suara, menurut sekretaris KPUD Jember Kawima, diperkirakan hari ini hanya menghitung suara DPR-RI dan DPD. Sementara untuk DPRD propinsi dan kabupaten akan dilakukan hari Minggu besok.

Lebih jauh Kawima menerangkan, sampai saat penghitungan dimulai masih ada 7 kecamatan yang belum menyerahkan laporan. Meski demikian Kawima yakin hari ini semua sudah bisa di serahkan. Karena informsi terakhir 7 PPK yang belum setor hanya tinggal melakukan rekapitulasi.

(713 views)
Tags: