Perhitungan Suara Sementara Demokrat Unggul Di Jember

Meski terdapat sedikit perbedaan, hasil perolehan suara calon anggota DPR-RI versi desk pemilu pemkab Jember dan KPUD Jember, menempatkan partai demokrat di urutan teratas.

Ketua KPUD Jember Sudarisman menuturkan, perhitungan suara DPR-RI selain menggunakan sistem manual juga dilakukan dengan IT. Meski tidak bisa dijadikan dasar penetapan KPU, sistem IT dipastikan lebih valid dibanding quick count yang dilakukan beberapa lembaga survey.

Berdasar tabulasi perhitungan suara KPUD Jember, partai demokrat memperoleh 24,6 persen suara, disusul PDI Perjuangan dengan perolehan suara 20 persen. Urutan ketiga di tempati Partai Kebangkitan Bangsa dengan 13 persen suara. Dan posisi ke empat dan kelima di tempati Golkar dan Gerindra maing-masing 8 dan 5 persen suara.

Memang sampai Sabtu siang dari hampir 5 ribu TPS, baru 60 TPS yang sudah menyerahkan data perhitungan suara DPR-RI. Meski Sudarisman memprediksi perolehan suara akan terus bergeser, yang mampu menempatkan kadernya di gedung dewan hanya sekitar 7 atau 8 partai politik.

Sementara data yang masuk dalam tabulasi penghitungan suara yang dilakukan desk pemilu pemkab Jember, sedikit lebih cepat di banding KPUD Jember. Dari hampir 5 ribu TPS di Jember, 582 diantaranya sudah menyerahkan hasil penghitungan suara. Desk pemilu pemkab mencatat partai demokrat masih tetap mendominasi dengan 26 persen suara, kemudian urutan dibawahnya berturut-turut PKB. PDI-P, Golkar, PKNU dan PKS.

(937 views)
Tags: