Pengamat Politik Unej Prediksi Demokrat Raih 12 Kursi DPRD Jember

Pengamat politik Universitas Jember Mohammad Nur Hasan memprediksi dengan perolehan suara yang signifikan, Partai Demokrat mampu mendudukkan 12 kadernya di gedung dewan. Jumlah ini diatas target ketua DPC Partai Demokrat Jember Saptono Yusuf, yang sebelumnya hanya menargetkan 10 kursi.

Menurut Nur Hasan, kelihaian partai demokrat mengembangkan isu kebijakan pemerintahan SBY untuk masyarakat miskin, mampu menggeser dominasi PKB di gedung dewan. Sementara PDI-P yang relatif stabil, diprediksi masih sama dengan pemilu 2004 lalu antara 6 sampai 8 kursi. Sedangkan untuk PKB akan berbagi kursi dengan PKNU masing-masing 1 kursi per daerah pemilihan.

Sementara partai baru yang mampu mewarnai gedung dewan selain PKNU menurut Nur hasan diantaranya PKS yang diprediksi memperoleh minimal 2 kursi. Lebih jauh Nur Hasan menerangkan, diperkirakan perolehan kursi Partai Golkar merosot, dari pemilu lalu mendapat 6 kursi, kali ini diperkirakan hanya mendapatkan 3 atau 4 kursi. Sebab dari pandangan Nur Hasan, caleg partai golkar kurang agresif membangun komunikasi dengan konstituennya, sehingga kinerja partai tidak nampak.

Selain golkar yang diprediksi merosot perolehan kursi PPP juga diprediksi jauh dari sebelumnya. Jika pemilu 2004 lalu PPP mendapat 6 kursi, dengan kelemahan PPP yang tidak melakukan pembinaan basis secara baik, diperkirakan hanya mendapat 3 kursi. Selain tidak bisa membina basisnya, PPP menurut Nur Hasan juga tidak memiliki isu politik yang bisa dimainkan untuk meraih suara penuh.

Nurhasan memprediksi/ gedung parlemen di jember nantinya sebagian besar akan diisi wajah-wajah baru// wajah-wajah lama dimungkinkan masih akan muncul/ jika caleg yang bersangkutan memiliki ikatan emosional dengan masyarakat//

(721 views)
Tag: