Puluhan TPS Mengalami Kekurangan Surat Suara

Beberapa persoalan masih saja terjadi pada saat proses pemungutan suara. Sebut misalkan, puluhan TPS mengalami kekurangan surat suara, belum lagi persoalan surat suara yang tertukar.

Anggota KPUD Jember Divisi Logistik, Ketty Tri Setyorini, ketika dimintai konfirmasi mengakui kekurangan dan banyaknya surat suara yang tertukar, besar kemungkinan kekurangan tersebut disebabkan PPK tidak mengecek ulang berapa jumlah surat suara yang ada di dalam kotak suara.

Padahal lanjut Ketty, KPU sudah mengirimkan surat kepada PPK, agar mengecek dan mencocokkan jumlah surat suara dengan DPT, sebelum mendistribusikan surat suara ke tingkatan PPS.

            Lebih lanjut ketty menjelaskan, khusus untuk surat suara yang tertukar, itu diluar kontrol pihaknya. Sebab, kata dia jauh-jauh hari lalu, pihaknya sudah berusaha untuk mengantisipasi tertukarnya surat suara, dengan selalu mewanti-wanti PPK dan PPS, untuk selalu mengecek surat suara sebelum didistribusikan.

Pantauan sementara KPUD Jember Lanjut Ketty, di lapangan pihaknya sedikitnya menemukan 2 surat suara tertukar, yakni surat suara yang seharusnya ada di Dapil 2, ternyata ada di Dapil 4 begitupun sebaliknya.

(721 views)
Tag: