FKAB Desak Pemkab Tunda Pencairan Anggaran Lapter

Forum Komunikasi Anak Bangsa desak dewan dan pemkab Jember menunda pencairan dana 11 milyar yang dianggarkan untuk operasional lapter. Hal ini menyusul ditetapkannya Kepala Dinas Perhubungan dan Direktur Perusahaan Daerah Perkebunan atau PDP Jember sebagai tersangka dugaan korupsi sewa pesawat oleh Kejaksaan Agung.

Koordinator FKAB Suharyono menuturkan, dengan ditetapkannya Kadishub dan direktur PDP sebagai tersangka, membuktikan adanya persoalan dalam operasional lapter tahun anggaran 2008 lalu.

Jika anggaran 2009 dipaksakan untuk dicairkan, dikhawatirkan akan terjadi kesalahan serupa, yang besar kemungkinan juga akan berimplikasi hokum. Suharyono menilai penganggaran lapter 2008 menunjukkan bahwa dewan kurang jeli.

Lebih jauh Suharyono menerangkan, dalam pernyaaan sebelumnya yang juga dilansir media massa, Kadishub menyatakan sampai kapanpun lapter tidak akan menguntungkan secara financial. Ini menimbulkan pertanyaan besar, jika tidak menguntungkan kenapa harus menghamburkan uang milyaran rupiah.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Sunarsono ketika akan dikonfirmasi handphone nya sedang tidak aktif. Kabag hukum pemkab Jember Mujoko ketika dihubungi mengatakan belum mengambil langkah apapun. Menurut Mujoko, pihaknya baru akan menentuan langkah setelah menerima surat pemberitahuan dari kejaksaan agung.

(915 views)
Tag: