Warga Manggar Resah, Puluhan Ekor Ayam Mati Mendadak

3 hari terakhir warga jalan Manggar gang Nusa Indah, ketakutan akibat matinya puluhan ekor ayam secara mendadak. Warga khawatir matinya ayam-ayam ini akibat penyakit flu burung. Karena ketidaktahuan warga, sebagian besar ayam tersebut langsung di buang ke sungai.

Bu Atik salah satu warga setempat menceritakan, sejak 3 hari yang lalu satu persatu ayamnya mati. Padahal sebelumnya ayam-ayam miliknya sama sekali tidak menunjukkan kelainan. Awalnya bu Atik tidak menaruh curiga. Ayam-ayam itu langsung di buang ke sungai di belakang rumahnya.

Ternyata kejadian ini tidak hanya terjadi sekali. Hari-hari berikutnya juga terjadi hal yang sama. Bahkan bukan hanya miliknya, beberapa ayam milik tetangga juga mengalami hal yang sama. Karena takut ayam-ayam ini mati akibat flu burung, bu Atik melaporkan peristiwa ini kepada RT dan RW setempat, yang dilanjutkan ke kelurahan dan kecamatan.

Sementara kepala Dinas Peternakan Jember Dalhar ketika dikonfirmasi melalui telfon mengatakan, pihaknya akan segera menurunkan tim untuk melakukan penanganan sesuai protap. Langkah awal lanjut Dalhar, akan dilakukan pembersihan sanitasi kandang ayam. Kemudian dilihat perkembangan selama 14 hari. Jika kejadian serupa masih terjadi maka akan dilakukan tindakan lebih lanjut, seperti menyemprotan disinfektan dan penyuntikan kepada hewan ternak yang rawan tertular flu burung.

(1,202 views)
Tags: