Untuk Amankan Pemilu Bakesbang Rekrut 10 Ribu Anggota Linmas

Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Jember merekrut 10 ribu lebih personil anggota linmas, untuk mengamankan pemilu 9 April mendatang. Hal ini disampaikan kepala Bakesbang Linmas pemkab Jember Sujak Hidayat, dalam hearing bersama Komisi A DPRD Jember Selasa siang.

Menurut Sujak, sesuai peraturan menteri dalam negeri, per TPS akan dijaga oleh 2 orang anggota linmas. Sehingga jika KPUD Jember mengasumsikan jumlah TPS di kabupaten Jember sebanyak 4.900 lebih, dan ditambah hampir 800 personil linmas oncall di masing-masing desa, maka total kebutuhan linmas mencapai 10 ribu lebih.

Saat ini lanjut Sujak, persiapan anggota linmas sudah pada tahap pelatihan-pelatihan yang akan dilakukan di masing-masing daerah pemilihan. Hari Rabu besok, rencananya bakesbang bekerja sama dengan Polres dan Kodim Jember, akan melakukan apel akbar anggota linmas pengaman pemilu di alun-alun Jember.

Lebih jauh Sujak menerangkan, terkait honor anggota linmas yang masing-masing 200 ribu per-orang ini, sudah masuk satu paket dalam anggaran TPS yang ada di KPUD. Sehingga Bakesbang hanya melakukan rekrutmen dan biaya pelatihan-pelatihan. Sedangkan untuk pakaian seragam, yang jika di total Jember membutuhkan anggaran senilai 6 milyar rupiah, pengadaannya ditangani Bakesbangpol pusat. Mulai bulan Maret ini, secara bertahap Bakesbang pemkab Jember akan menerima kiriman dalam bentuk pakaian jadi.

(900 views)
Tag: