Pimpinan DPRD Ancam Publikasikan Anggota Dewan Yang Suka Bolos

Banyaknya anggota dewan yang akhir-akhir ini mulai malas ngantor membuat Badan Kehormatan (BK) DPRD Jember gerah. Ketua BK Anis Hidayatullah mengirimkan surat kepada pimpinan dewan, agar pimpinan memanggil semua ketua fraksi untuk memberikan teguran.

Wakil ketua DPRD Jember Mohammad Asir membenarkan adanya surat dari BK tersebut. Menurut Asir, mungkin anggota dewan sudah mulai keterlaluan, sehingga BK sampai mengirimkan surat kepada pimpinan. Sayangnya menurut Asir, BK tidak menyebutkan nama-nama anggota dewan yang sering bolos. Jika BK menunjuk siapa orangnya, pimpinan akan langsung memberikan surat teguran langsung kepada yang bersangkutan.

Jika teguran ini masih tidak diperhatikan, Asir mengancam akan mempublikasikan nama-nama anggota dewan yang suka bolos ini ke media massa. Sehingga masyarakat tahu inilah wujud wakil mereka. Paling tidak menurut Asir, ada sangsi moral yang akan diterima anggota dewan yang bersangkutan.

Sementara Ketua Badan Kehormatan DPRD Jember Anis Hidayatullah ketika dikonfirmasi sebelumnya mengatakan, dalam kurun waktu November 2008 hingga Februari 2009, Anis mencatat sedikitnya 25 persen anggota dewan tidak hadir, baik dalam sidang paripurna maupun rapat panitia musyawarah.

Dan yang selalu tidak hadir menurut Anis, orangnya tetap itu-itu saja. Jika ini dibiarkan, bukan hanya nama anggota dewan itu saja yang tercoreng tetapi nama lembaga dewan perwakilan rakyat juga akan tercemar.

Anis menjelaskan, dalam kurun waktu November hingga Februari, DPRD memiliki agenda 8 kali rapat paripurna, dua kali rapat panitia anggaran dan dua kali rapat panmus. 25 persen anggota dewan yang disebut tadi, tidak pernah hadir di semua rapat-rapat tersebut.

(706 views)
Tags: