Ribuan Surat Suara DPR-RI Rusak

Ribuan surat suara untuk anggota DPR-RI yang baru di terima KPUD Jember dalam kondisi rusak. Hal ini diketahui setelah KPUD Jember melakukan pemeriksaan terhadap kertas suara yang baru datang kemarin.

Anggota KPUD Jember Catty Tri Setyorini menuturkan, surat suara yang diterima KPUD Jember saat ini hampir mencapai 2 juta lembar, yang terbagi dalam 3 ribu kardus. Setelah diperiksa, dari lima lembar surat suara yang diperiksa per kardus 3 lembar diantaranya dalam kondisi cacat.

Kerusakannya lanjut Catty, terdapat lubang sepanjang 8 milimeter yang menyerupai coblosan tepat pada petunjuk lipatan. Untuk itu KPUD Jember akan mengirim surat kepada KPU pusat, apakah meski dalam kondisi rusak bisa dipakai atau akan diganti yang baru.

Jika memang KPU pusat tetap memerintahkan untuk memakai surat suara yang cacat tersebut, paling tidak KPUD akan mengumpulkan pimpinan parpol, khususnya yang tempatnya tepat pada lubang yang cacat ini. Sehingga ketika dalam proses penghitungan suara nanti tidak menimbulkan masalah.

Sampai sejauh ini dari 9 jenis surat suara yang harusnya diterima KPUD Jember, baru dua jenis surat suara yang sudah diterima, surat suara untuk DPR-RI dan DPD. Catty berharap KPU pusat bisa segera mengirimkan sisa surat suara untuk kabupaten Jember, karena jika terlalu mepet akan menyulitkan dalam proses distribusi.

(782 views)
Tag: