Dinkes Minta Bulan Maret Masyarakat Waspadai Demam Berdarah

Kasus demam berdarah dengue di kabupaten Jember relatif lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian Dinas Kesehatan Jember tetap mencanangkan kewaspadaan penyebaran demam berdarah. Humas Dinas Kesehatan Jember Yumarlis mengatakan, sepanjang Januari 2009 lalu, di Jember hanya terjadi 54 kasus DBD. Semuanya bisa ditangani dan tidak ada yang berujung pada kematian.

Area penyebaran menurut Yumasrlis, tetap di tiga kecamatan kota, kecamatan Gumukmas, Puger, dan Umbulsari. Yumarlis mengakui kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan memang sudah cukup tinggi. Namun jika kesadaran ini bisa ditingkatkan menjadi budaya bersih, Yumarlis yakin angka kasus DBD bisa lebih ditekan lagi.

Yumarlis menghimbau agar masyarakat lebih waspada memasuki bulan Maret, karena saat itulah curah hujan sedang berada pada puncaknya, yang biasanya juga berdampak terhadap penyebaran demam berdarah. Januari hingga Februari 2008 lalu, jumlah penderita demam berdarah dengue atau DBD sudah mencapai 444 orang, Dengan rincian 314 kasus pada bulan Januari dan 130 kasus pada bulan Februari. Saat itu penyebaran DBD banyak terjadi di wilayah Jember selatan, seperti kecamatan Kencong dan Umbulsari.

(1.602 views)
Tag: