Panwas Catat Ribuan Pelanggaran Yang Dilakukan Caleg

pemilu2700 lebih calon anggota legislatif di kabupaten Jember melakukan pelanggaran pemilu.  pelanggaran terbanyak pemasangan alat peraga kampanye di tempat yang tidak diijinkan, seperti perempatan jalan, sekitar lembaga pendidikan dan jalur segi tiga emas. Pelanggaran juga dilakukan dalam bentuk rapat terbuka atau pengajian yang bisa dikategorikan kampanye terselubung.

Ketua panitia pengawas pemilu kabupaten Jember Agung Purwanto mengatakan, dari 723 caleg yang ada di kabupaten Jember, hanya segelintir orang saja yang bersedia mengindahkan peringatan Panwas dan undang-udang. itupun setelah pihaknya memperingatkan lebih dari 3 kali.

Agung menjelaskan, setiap malam banyak sekali kegiatan pengajian yang digelar oleh para caleg untuk menarik simpati massa. Kegiatan semacam itu seharusnya dilaporkan kepada Panwas terlebih dahulu. Tetapi nyatanya tak satupun caleg itu melapor.

Agung juga mengaku sering mendapatkan laporan dari masyarakat termasuk lembaga sekolah, yang keberatan sekolah mereka dipenuhi dengan gambar-gambar caleg. Sejauh ini lanjt Agung, pihaknya telah memperingatkan seluruh caleg untuk memindahkan alat peraga mereka.

Meski sebagian caleg bersedia memindah tetapi ada juga sebagian caleg yang membandel, bahkan salah satu diantaranya mengancam akan melakukan tindak kekerasan bila panwas memindah alat peraganya.

Lebih jauh Agung menerangkan sejauh ini pihaknya masih menginventarisir pelanggaran yang dilakukan oleh caleg. Baru langkah selanjutnya akan dibahas di internal Panwas untuk memberikan sangsi kepada caleg yang melanggar. Dari pantauannya, Agung memastikan jumlah pelanggaran yang dilakukan para calon anggota dewan yang terhormat ini mencapai ribuan.

(1.423 views)
Tag:

Komentar

  1. ahmadi berkata:

    Melalui situs ini Kami warga jalan letjen panjaitan – Jember, Jawa Timur, Ingin menyampaikan keberatan dengan pemasangan baliho Caleg PAN , Bpk AGUS SARWANTO, M.SI di depan RRI Jember, karena posisi baliho terlalu tinggi dan hanya di topang oleh sebuah bambu yg cukup rentan roboh ke jalan jika ada angin / hujan besar. Krn di depan baliho tsb adalah traffic light yg cukup ramai pengguna jalan. Sehingga cukup tinggi pula resiko nya jika baliho tsb roboh / bambu patah.

    Selaku warga di daerah tsb, kami ingin memberi usulan agar sudilah kiranya hal ini menjadi perhatian bapak2 pengurus PAN, utk memerintahkan pemindahan baliho ke tempat yg lebih aman dan strategis.

    Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.