Berlakukan Social Distancing PT. KAI Kurangi Kapasitas Kereta Api

KAI Daops 9 Jember mulai berlakukan social distancing salah satunya dengan mengurangi kapasitas penumpang, untuk antisipasi oenyebaran virus corona. Setiap rangkaian kereta hanya akan diisi 75 persen dari kapasitas normal.

Menurut Manager Humas PT. KAI Daops 9 Jember Mahendro Trang Bawono, pihaknya tidak bisa melarang masyarakat yang terpaksa harus bepergian keluar kota untuk keperluan mendesak. Pihalnya hanya bisa meminimalisir resiko, salahsatunya dengan menerapkan social distancing sesuai dengan arahan pemerintah.

Dalam implementasinya, PT. KAI mengurangi kapasitas penumpang maksimal 75 persen dari kapasitas normal. Sehingga bisa ada jarak yang cukup antar penumpang untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Kondektur juga diberi kewenangan untuk memindahkan penumpang ke kursi yang kosong untuk memberikan jarak antar penumpang..

Selain itu lanjut Mahendro, pihaknya menerapkan social distancing setidaknya 1 meter di area stasiun, dengan memberikan garis batas terutama di loket, meja boarding, anrrian mesin check in mandiri serta tempat duduk ruang tunggu.

(28 views)