PKB Dan NU Bagi Tugas Jaring Cabup-Cawabup

pkb

Setelah mencabut dukungan dari bacabup Djoko Susanto, PKB saat ini kembali ke titik nol. Meski demikian sesuai petunjuk DPP, PKB tidak akan membuka pendaftatan, tetapi mekanisme penjaringan diserahkan kepada PCNU. Sedangkan DPC PKB bertugas menjalin koalisi dengan partai lain.

Sekretaris DPC PKB Jember Ayub Junaedi menjelaskan, surat pencabutan dukungan kepada Djoko Susanto sudah diproses DPP, kemungkinan 1 atau 2 hari kedepan sudah diterima DPC. Dengan kondisi ini menurut Ayub, saat ini PKB kembali pada posisi nol.

Selanjutnya sesuai petunjuk DPP, penjajakan bakal calon lain menjadi kewenangan PCNU, sedangkan DPC PKB hanya bertugas menjalin komunikasi dengan partai lain untuk berkoalisi. Sehingga dirinya yang semula mendapat mandat sebagai bakal calon wakil bupati, juga akan dievaluasi dan menunggu keputusan PCNU…..Ayub

Sementara ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin, membenarkan PCNU mendapat mandat untuk menjajaki bakal calon yang ada. Dengan demikian komunikasi dengan bakal calon hanya satu pintu melalui PCNU. Sehingga jika ada orang yang mengaku-ngaku atasnama PKB atau PCNU membuka komunikasi dengan bakal calon, bisa dipastikan bohong.

Menurut Gus Aab masih terlalu dini jika siapa figur yang akan diusung PKB disampaikan saat ini, apalagi DPP PKB yang berwenang menentukannya. PCNU hanya akan melaporkan hasil penjajakan yang sudah dilakukan kepada DPP, selanjutnya DPP PKB yang akan menunjuk dengan dituangkan dalam Surat Keputusan untuk mendaftar ke KPU.

(220 views)