Kejari Musnahkan Puluhan Ribu Jamu Tradisional Ilegal

pemusnahan bb

Rabu pagi, Kejaksaan Negeri Jember memusnahkan puluhan ribu barang bukti 81 perkara Tindak Pidana Umum yang sudah berkekuatan hukum tetap selama tahun 2019, di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Jember. Pemusnahan ini merupakan satu rangkaian dengan agenda kegiatan hari anti korupsi internasional 2019.

Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Prima Idwan Mariza menjelaskan, berbagai jenis barang bukti yang dimusnahkan kali ini merupakan barang bukti dari 81 perkara tindak pidana baik KUHP, Undang-undang Narkotika, Kesehatan, dan harta benda. Di antaranya 29 ribu obat keras berbahaya, 8 butir pil inex, 11 gram sabu beserta bong dan timbangannya, 2,5 gram ganja, sejumlah alat judi, dan puluhan ribu bungkus obat dan jamu tradisional ilegal. Sementara barang bukti berupa uang beberapa di antaranya sudah dikembalikan ke negara.

Selain yang sudah dimusnahkan lanjut Prima, masih banyak barang bukti lainnya, di gudang penyimpanan barang bukti Kejari Jember. Sehingga ke depannya pihaknya akan menerapkan Barcode Label Barang Bukti, sehingga penguasaan barang bukti oleh Kejari Jember dalam dipantau oleh masyarakat umum. Bahkan dalam waktu dekat juga akan diterapkan program Laris atau layanan antar barang bukti gratis kepada pemiliknya yang sah.

(59 views)