KPU Mempersingkat Jadwal Penyerahan Syarat Calon Perseorangan

Sesuai peraturan KPU nomor 16 tahun 2019, terdapat sejumlahnpeeubahan jadwal tahapan pilkada 2020 mendatang. Diantaranya tahapan rekrutmen penyelenggara serta jadwal pendaftaran calon perseorangan. Demikian disampaikan komisioner KPU kabupaten Jember Ahmad Hanafi Jumat siang.

Untuk penyerahan syarat pendaftaran calon perseorangan yang sebelumnya dijadwalkan 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020, dipersingkat menjadi 5 hari saja, yakni tanggal 19 hingga 23 Februari 2020. Untuk pengumuman calon independent sendiri dijadwalkan tanggal 9 sampai 18 Juni 2020.

Dengan sangat sempitnya jadwal penyerahan syarat calon perseorangan ini lanjut Hanafi, Bakal calon yang akan maju melalui jalur perseorangan, diharapkan mampu mempersiapkan syarat yang dibutuhkan sebaik-baiknya, agar bisa diserahkan sesuai jadwal waktu yang tersedia.

Lebih jauh Hanafi menjelaskan, untuk syarat dukungan bagi calon perseorangan sudah ditetapkan, yakni dibuktikan dengan penyerahn KTP Elektronik sebanyak 6,5 persen dari daftar pemilih tetap atau DPT, yang jika dikonversikn menjadi sekitar 121 ribu lebih KTP.

(139 views)