KPU Targetkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada 2020 mencapai 60 Persen

KomisinPemilihan Umum kabupaten Jember menargetkan, tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada 2020 mendatang mencapai 60 persen. Demikian disampaikan komisioner KPU Kabupaten Jember Andi Wasis kepada sejumlah wartawan Jumat siang.

Andi menjelaskan, tingkat partisipsi masyarakat dalam pemilu legislatif dan pilpres kemarin, sangat berbeda dengan pilkada 2015 lalu. Dalam pileg dan pilpres tingkat partisipasi mencapai 76 persen, sedangkan dalam pilkada hanya 56 persen. Ini artinya masyarakat lebih antusias mengikuti pileg dan pilpres dibandingkan pilkada.

Kondisi ini menurut Andi menjadi tantangan tersendiri bagi KPU kabupaten Jember, untuk berupaya meningkatkan partisipsi masyarakat dalam pilkada. Meski demikian melihat kultur dari masyarakat Jember sendiri, KPU tidak berani memasang target terlalu tinggi, hanya di angka 60 persen saja.

Upaya yang akan dilakukan KPU untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, diantaranya memaksimalkan sosialisasi dengan melibatkan badan adhoc serta relawan demokrasi. KPU juga harus membuat kreatifitas baru agar masyarakat tertarik untuk berperan aktif dalam proses pemilihan kepala daerah.

(35 views)