Ijin Tambang Dipermudah Warga Silo Siap Turun Jalan

Rencana pemerintah provinsi Jawa Timur mendekatkan pengurusan sejumlah perijinan termasuk ijin pertambangan, mendapat reaksi keras dari warga kecamatan Silo, yang beberapa waktu lalu tegang akibat penetapan kawasan tambang emas Silo. Warga mengancam akan turun jalan, jika ijin tambang dipermudah.

Ustaz Taufiq salah satu tokoh agama desa Pace Silo berharap, agar ijin pertambangan tidak dilimpahkan ke daerah. Sebab hal ini justru akan mempermudah investor untuk melakukan aktifitas pertambangan, khususnya di wilayah Silo yang selama ini mendapat perlawanan dari masyarakat.

Aksi masyarakat Silo beberapa waktu lalu, harusnya menjadi peringatan keras bagi pemerintah, bukannya justru mempermudah ijin tambang. Jika pemerintah memaksa ijin tambang bisa diurus di Jember, ustadz Taufiq memastikan ribuan masuarakat Silo akan kembali melakukan aksi turun ke jalan.

Ustaz Taufiq berharap pemprov menghapus kebijakan pengurusan ijin di Jember khususnya terkit ijin pertambangan. Sebelumnya wakil gubernur Jawa Timur Emil Dardak usai mengikuti seminar nasional di Universitas Jember mengatakan, pemprov akan mendistribusikan kewenangannya kepada Bakorwil, di antaranya terkait 13 perijinan termasuk ijin pertambangan. Namun karena masih menjadi isu sensitif, khusus untuk ijin tambang masih akan dikaji ulang.

(48 views)