Pelimpahan Ijin Pertambangan di Jember Masih dalam Kajian

Untuk mendekatkan pelayanan perijinan kepada masyarakat, pemprov Jawa Timur akan melimpahkan sedikitnya 13 perijinan kepada Bakorwil 5 Jember. Namun khusus untuk ijin pertambangan Masih akan ditinjau ulang, karena menjadi isu sensitif.

Menurut Kepala Bakorwil 5 Jember Tjahyo Widodo, setidaknya nanti akan ada 13 item perijinan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi bisa, diurus di Bakorwil dengan tujuan untuk mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

13 macam ijin tersebut diantaranya ijin investasi usaha, pertanian dan kehutanan dan minerba, yang didalamnya juga mencakub ijin usaha pertambangan. Namun khusus untuk Bakorwil 5 Jember, pelimpahan ijin pertambangan masih akan ditinjau ulang. Sebab persoalan tambang di Jember masih menjadi isu yang sangat sensitif.

Lebih jauh Widodo menjelaskan, pengurusan ijin di Bakorwil 5 Jember baru akan dimukai awal tahun 2020 mendatang, setelah pembangunan gedung East Java Super Coridor yang ditargetkan selesai akhir tahun 2019 ini rampung. Upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di Jember ini dilakukan, untuk mewujudkan progam Pemprov Jawa Timur dengan menjadikan Jember sebagai episentrum bagi wilayah sekitarnya.

(78 views)