Setahun Lebih Buron Pencuri di Basecamp IWJ Akhirnya ditangkap

IMG_20190918_154957Setelah dilakukan pencarian sejak bulan Mei tahun 2018 lalu, DR warga Desa Panti Kecamatan Panti, pencuri yang telah membobol Basecamp Komunitas Info Warga Jember IWJ yang terletak di Jalan Brawijaya Desa Jubung Kecamatan Sukorambi, Selasa malam berhasil ditangkap Unit Reskrim Polsek Sukorambi dan Panti.

Kapolsek Sukorambi AKP Ribut Budiono menceritakan, tanggal 17 Mei tahun 2018 lalu, pihaknya menerima laporan dari korban bernama Joni Budi Utomo, yang mengaku bahwa  satu unit TV 21 inch, speaker aktif, 12 kaos Persid, 15 jaket IWJ, dua tabung gas dan sebuah kompor, yang berada di Basecamp IWJ hilang dicuri orang. Setelah dilakukan penyelidikan, polisi berhasil menemukan sejumlah barang milik korban di Desa Panti. Namun sayang saat hendak dilakukan penangkapan pelaku sudah tidak ada di rumahnya.

Setelah setahun lebih dilakukan pencarian, akhirnya Polsek Sukorambi menerima informasi bahwa pelaku sudah ada di rumahnya. Tidak ingin kehilangan buruannya, saat itu juga Unit Reskrim Polsek Sukorambi bersama Unit Reskrim Polsek Panti mendatangi rumah pelaku. Setelah diintrogasi, pelaku mengakui semua perbuatannya.

Dalam melakukan askinya, pelaku sengaja mencari kesempatan saat basecamp IWJ dalam keadaan sepi. Selanjutnya pelaku masuk dengan melompati pagar, kemudian setelah mengambil sejumlah barang kabur dengan membobol pintu belakang.

Lebih lanjut Ribut menjelaskan, dari tangan tersangka polisi menyita barang bukti berupa  dua unit amplifier, dua unit speaker aktif,  empat buah kaos persid, dan satu unit keyboard amplifier. Seluruh barang bukti tersebut sempat dijual oleh pelaku kepada warna berinisial BS dan DN. Akibat perbuatannya tersangka dijerat Pasal 363 KUHP, dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

(1.263 views)