Hutan Produksi Pinus di Silo Terbakar

silo 

Hutan produksi pinus petak 1 B-1 wilayah RPH Garahan yang terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo, Senin siang terbakar. Akibat kejadian tersebut produksi getah pinus terganggu.

Kapolsek Sempolan AKP Hery Wahyono menceritakan, senin sekitar pukul 13.30 WIB, pihaknya menerima laporan bahwa terjadi kebakaran hutan produksi pinus di dua titik, yaitu di titik 1 hutan pinus depan pal kuning dan titik 2 hutan pinus di depan pusat persamaian garahan. Berbekal laporan tersebut pihaknya mendatangi lokasi dan menghubungi unit pemadam kebakaran.

Sambil menunggu kedatangan unit pemadam kebakaran, anggota polsek sempolan dan pihak perhutani dibantu warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, sehingga api tidak menjalar. Karena yang terbakar hanya semak dan rerumputan, 30 menit kemudian api sudah berhasil dipadamkan. Akibat kejadian tersebut produksi getah pohon pinus di lahan seluas 0,5 hektar dari total 22 hektar terganggu, dan harus menunggu selama tujuh hari untuk kembali normal.

Lebih lanjut Heri menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran hutan tersebut. Sebab dari pihak perhutani sendiri tidak membuat laporan polisi dengan alasan kerugiannya hanya sekitar 300 ribu rupiah. Sehingga secara otomatis penyelidikan terkait kebakaran tersebut dihentikan.

(65 views)