Gelapkan Uang Ratusan Juta Rupiah Kasir KSP Bunga Mekar ditangkap Polisi

kencongDiduga kuat menggelapkan uang sebesar 104 juta rupiah, seorang kasir  KSP Bunga Mekar yang terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Kencong,  berinisial SW Warga Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso, Rabu malam ditangkap Unit Reskrim Polsek Kencong.

Kanit Reskrim Polsek Kencong Bripka Anton Wijaya menceritakan, sebenarnya saat melakukan penggelapan sejak satu bulan di tempat kerjanya, sudah diketahui oleh atasannya. Namun karena tersangka mengakui dan berjanji akan membayarnya dalam rentan satu minggu, korban sengaja tidak melaporkan tersangka ke penagak hukum.

Namun ternyata sejak bulan April, tiba-tiba tersangka menghilang tidak dapat dihubungi. Merasa ditipu akhirnya pada bulan April tahun 2019 lalu, pihak manajemen koperasi melaporkan tersangka ke Mapolsek Kencong. Setelah polisi mendatangi rumah tersangka di Kecamatan Tapen, ternyata sudah kabur ke Bali.

Selasa sore polisi menerima informasi bahwa tersangka sudah berada di rumahnya. Tidak ingin kehilangan buruannya, Unit Reskrim Polsek Kencong langsung meluncur menangkap tersangka. Dalam melakukan aksinya, selain membuat kwitansi palsu dengan meniru tanda tangan atasannya, tersangka juga mengubah nominal pinjaman nasabah KSP Bunga Mekar.

Saat diinterogasi tersangka mengaku, terpaksa menggelapkan uang milik kantornya karena terdesak kebutuhan ekonomi keluarganya. Karena tidak sanggup membayar, akhirnya tersangka sengaja kabur ke rumah kontrakan rekannya di Bali untuk menghindari kejaran polisi.

Dari tangan tersangka polisi menyita barang bukti berupa 10 lembar kwitansi kas bon, empat bendel buku rekap, selembar surat pernyataan, dan foto copy SK perubahan Anggaran Dasar Koperasi. Akibat perbuatannya tersangka dijerat pasal 374 KUHP subsider pasal 372 KUHP, dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara.

 

 

(145 views)