Selama Event JFC Omzet UMKM Turun 20 Persen

Jember Fashion Carnaval yang merupakan salah satu event internasional, tahun ini tidak mampu mendongkrak pendapatan UMKM di Kabupaten Jember. Bahkan jika dibandingkan event JFC tahun lalu, omzet UMKM justru turun 20 persen.

Ketua UMKM Nusantara Cabang Jember Rendra Wirawan menuturkan, tahun ini UMKM sama sekali tidak dilibatkan dalam perhelatan JFC. Akibatnya ajang kegiatan internasional sekelas JFC sama sekali tidak memberikan dampak positif bagi usaha mikro menengah.

Bahkan lanjut Rendra, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, pendapatan UMKM dalam perhelatan JFC tahun ini mengalami penurunan hingga 20 persen. Rendra menilai hal ini berbanding terbalik dengan harapan pelaku usaha mikro, yang berharap event JFC memberikan nilai tambah bagi mereka.

Rendra berharap kedepan Manajemen JFC juga melibatkan elemen masyarakat termasuk UMKM, untuk menampung ide-ide sebagai masukan. Sehingga event JFC bukan hanya menampilkan fashion, tetapi juga produk lokal untuk memberikan dampak positif bagi UMKM di Jember.

(49 views)